Rp 60.000
Indi Printianto
ISBN: 978-623-6428-94-8
Tebal: xvi + 142 hlm
Kertas: HVS 70 gr
Ukuran: 14 x 20 cm
Cover: Soft Cover
Laminasi: Doff
Isi: Hitam Putih
Industri pariwisata pada umumnya dan perhotelan pada khususnya tidak bisa dilepaskan dari kegiatan keramahatamahan (hospitality) yang melibatkan dua belah pihak, yaitu antara tuan rumah (host) dengan tamu (guest). Sebaik apa pun produk serta sarana dan prasarana yang sajikan tidak akan banyak berarti apabila pelayanannya mengecewakan. Sementara pelayanan bertumpu pada sumber daya manusia yang terlibat dalam industri tersebut. Buku ajar ini disusun dalam rangka melengkapi referensi tentang upaya menyiapkan sumber daya manusia untuk bekerja di industri pariwisata pada umumnya serta industri perhotelan pada khususnya.
Buku ini membahas secara bertahap bagaimana mengembangakan diri dalam rangka mempersiapkan bekerja di industri pariwisata. Dimulai dengan sasaran bekerja di bidang pariwisata, yaitu memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, merumuskan visi dan misi diri, harus pandai melakukan adaptasi diri setelah mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Selanjutnya dibahas tentang proses pengembangan diri, proses memotivasi diri, serta bagaimana meningkatkan rasa percaya diri. Pembahasan dilanjutkan dengan pentingnya hard skill dan soft skill dalam bekerja, tetapi karena industri pariwisata merupakan industri pelayanan (hospitality industry), buku ini lebih menekankan kepada soft skill yang yang meliputi proses memahami diri sendiri, memahami orang lain, serta alam semesta dalam rangka meningkatkan hubungan dengan sesama (emotional quotient) maupun hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa apa pun agamanya (spiritual quotient). Buku ini ditutup dengan bagaimana menerapkan pengembangan diri di dunia kerja.
Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa pariwisata yang sedang mempersiapkan diri untuk berkarier di industri pariwisata maupun bagi masyarakat yang berminat bekerja di industri pariwisata, khususnya industri perhotelan.
Ulasan
Belum ada ulasan.